مأاف
لعبد الرشيد ابنم الدين القرتى
رحمه الله تعالى وبركاته أمين
Materi Pembelajaran ASWAJA MA Ma'arif dan pembahasan Materi SMA/SMK/MA-X/XI/XII Semester 1 dan 2 adalah merupakan cakupan Materi
Pembelajaran tentang kema’arif-an, Ahli Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA) Persi NU
yang dalam kesempatan ini saya lebih mengutamakan untuk membantu kalangan
remaja yang sedang mengenyam pendidikan di Madrasah Aliyah mulai dari Kelas X,
XI sampai dengan Kelas XII, dimana nanti temen-temen akan mengetahui sedikit Gambaran materi-materi
yang pada umumnya di pelajari di setiap
pertemuan, setidaknya materi apa yang akan di pelajari besok pagi Sobat sudah
mengetahui gambarannya, sehingga diharapkan muncul rasa Percaya Diri (PD )
ketika Masuk kelas.
Sobat
jika sebelumnya membuka blog ini terlebih dahulu, diharapkan sobat berangkat ke Sekolah itu tujuannya
bukan hanya untuk belajar saja, akan tetapi untuk mengembangkan pengetahuan
yang sudah di baca/dipelajari sebelumnya, terlebih lagi jika kedapatan dari
hasil bacaan yang belum dapat di pahami justru Guru pembimbinglah yang akan
lebih banyak membantu guna mengarahkan Pola Pikir sobat Aswaja.
Jikapun
sobat bukan seorang pelajar dan atau yang lainnya, diharapkan artikel ini bisa menambah
Khazanah keilmuan Sobat.
Ok. Sobat menurut K.H. Syaifuddin Zuhri pengertian Aswaja adalah
segolongan pengikut sunah Nabi Muhammad SAW yang didalam melaksanakan
ajaran-ajaran beliau berjalan diatas garis yang dipraktekkan oleh Nabi dan para
Sahabat.
Adapun penggunaan istilah Aswaja didalam riwayat Ibnu Majah dari Mu’awiyyah R.A. dari Rasulullah SAW bersabda :
Adapun penggunaan istilah Aswaja didalam riwayat Ibnu Majah dari Mu’awiyyah R.A. dari Rasulullah SAW bersabda :
افترقت
اليهودعلى احدى وسبعين فرقة وافترقت النصا رى على اثنتين وسبعين فرقة وان هذه
الأمة سـتفـترق على ثلا ث وسبعـين فرقة اثنان وسبعون في النار وواحدة في
الجنة قا لوا يا رسول الله ما هذه الواحدة قال ما انا عـليه ا
ليوم وا صحا بي
Artinya : “ Telah pecah ummat Yahudi
menjadi 71 golongan, dan telah pecah ummat Nasroni 72 golongan, dan ummatku
akan pecah menjadi 73 golongan yang 72 golongan masuk neraka dan hanya 1 (satu)
yang masuk surga (yang selamat hanya satu) lalu para sahabat bertanya :
siapakah yang selamat itu … ? Nabi menjawab : apa yang hari ini aku
kerjakan dan para sahabatku.”
Didalam hadis lain dalam kitab Al-Milal wan Nihal karangan Syaikh Ahmad Abdul Karim juz 1 hal 13 Nabi Bersabda :
Didalam hadis lain dalam kitab Al-Milal wan Nihal karangan Syaikh Ahmad Abdul Karim juz 1 hal 13 Nabi Bersabda :
سـتفترق امتي
على ثلاث وسـبعين فرقة النا جية منها واحدة والباقون هـلكى قيل ومن النا جية؟ قال
اهل السنة والجماعة قيل ومن اهل السنة والجماعة؟ قال ما انا عـليه ا ليوم وا
صحا بي (رواه ابن ما جه(
Artinya : “ Umatku akan pecah menjadi
73 golongan yang selamat hanya satu firqoh sedang yang lainnya binasa.
Nabi ditanya : Siapakah yang selamat itu … ? Nabi menjawab : Ahlussunah Wal
Jama’ah, Nabi ditanya lagi : Siapakah Ahlussunah Wal Jama’ah itu … ? Nabi
menjawab : Apa yang aku dan sahabatku pegang “. (HR. Ibnu Majah)
Ok.
Sobat sebenarnya cukup banyak namun tidak kalah menarik dan menyenangkan materinya,
apalagi kalo pembimbingnya periang, adapun materi yang pada umumnya di pelajari
yakni:
Materi
Pembelajaran ASWAJA buat kelas X yaitu:
1.
Mendeskripsikan
proses masuknya Islam ke Indonesia dan perkembangannya
a.
Materi sejarah
masuknya Islam di Indonesia
b.
Menyebutkan
daerah yang pertama kali kedatangan Islam
c.
Menyebutkan
tahun masuknya islam ke Indonesia
d.
Menyebutkan
cara-cara yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia
e.
Menyebutkan
tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia
f.
Menyebutkan
Negara asal pembawa Islam di Indonesia
g.
Menyebutkan
gelar yang diberikan kepada penyebar Islam di Indonesia
h.
Menyebutkan
kerajaan Islam yang pertama di Indonesia
i.
Menyebutkan
ajaran/paham ke-Islaman yang berkembang di Indonesia dan madzhab yang dianut
oleh paham tersebut
2.
Menganalisis
stategi dan media yang digunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia
a.
Materi strategi
penyebaran Islam di Indonesia
b.
Menyebutkan
media yang digunakan dalam penyebaran Islam
c.
Menyebutkan
bentuk perekonomian masyarakat pada masa penyebaran Islam
d.
Menyebutkan
aspek kebudayaan local yang dimanfaatkan dalam penyebaran Islam
e.
Menyebutkan
pendekatan politik yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia
3.
Memahami
peran dan fungsi pondok pesantren dalam upaya penyebaran Islam di Indonesia
a.
Materi latar
belakang berdirinya pondok pesantren
b.
Menyebutkan
kapan berdirinta pondok pesantren
c.
Materi
strategi, fungsi dan peran pondok pesantren dalam penyebaran Islam
d.
Menyebutkan
model kajian yang dilakukan dilingkungan pondok pesantren
e.
Menyebutkan
bentuk pendidikan yang dikembangkan pada awal berdirinya pondok pesantren
f.
Materi perbedaan
pondok pesantern dengan lembaga pendidikan lainya
g.
Menyebutkan
hal-hal yang menjiwai pondok pesantren
4.
Menganalisis
proses kelahiran Nahdlatul Ulama
a.
Materi pola
kehidupan beragama dan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia sebelum
lahirnya NU
b.
Materi latar
belakang lahirnya NU
c.
Menyebutkan
tahun berdirinya NU
d.
Materi dasar
pemikiran lahirnya NU
e.
Menyebutkan
tokoh-tokoh pendiri NU
f.
Materi
perjuangan politik kebangsaan NU, bentuk pemberdayaan ekonomi NU dan strategi
peningkatan sumber daya manusia yang dikembangkan oleh para ulama
g.
Menyebutkan
tujuan pembentukan syirkah-syirkah di lingkungan NU
h.
Menyebutkan
kapan lahirnya KH. Hasyim Asy’ari
i.
Menyebutkan
pola pemikiran KH. Hasyim Asy’ari untuk NU
j.
Menyebutkan
karya-karya KH. Hasyim Asy’ari
5.
Memahami
organisasi (jam’iyyah) NU
a.
Menyebutkan
prinsip-prinsip keagamaan dan kemasyarakatan NU
b.
Materi secara
sederhana Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU
c.
Menyebutkan
tahun diakuinya keberadaan NU sebagai organisasi yang berbadan hukum
d.
Menyebutkan
poin-poin pokok Anggaran Dasar NU
e.
Menyebutkan
pembagian tugas dalam keorganisasian NU
f.
Menyebutkan
sistem dan fungsi kepengurusan NU
g.
Menyebutkan
sistem dan perangkat organisasi NU
h.
Menyebutkan
jenis-jenis pemusyawaratan dan cara pemusyawaratan NU
6.
Mendeskripsikan
peran, posisi dan perjuangan NU dalam dinamika sejarah bangsa
a.
Materi
aktivitas NU pada awal terbentuknya organisasi tersebut
b.
Menyebutkan
pembinaan yang dilakukan NU pada masa penjajahan Belanda
c.
Materi gerakan
dan program prioritas NU pada masa pendudukan Jepang
d.
Materi posisi
NU pada masa pendudukan Jepang
e.
Materi ide-ide
ulama NU dalam membentuk dasar Negara
f.
Materi pola
pemikiran NU dalam menentukan bentuk Negara kesatuan
g.
Menyebutkan
konsep NU tentang pergantian isi butir piagam Jakarta
h.
Menyebutkan
sumbangan NU dalam proses berdirinya Negara Indinesia
i.
Menyebutkan isi
revolusi jihad
j.
Materi peran NU
dalam bidang politik dan pemerintahan
k.
Materi
bentuk-bentuk perjuangan NU dalam bidang pemikiran keagamaan, ekonomi, sosial
dan budaya
l.
Materi peran
dan sumbangan NU dalam memper-juangkan pendidikan di Indonesia
m.
Materi peran NU
pada masa reformasi
n.
Materi proses
terbentuknya partai politik dilingkungan NU
o.
Menyebutkan
tujuan dibentuknya partai politik di ling-kungan NU dan upaya-upaya apa saja
yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
p.
Materi dan
menyebutkan isi Tausiyah yang dikeluar-kan oleh PBNU di Cilegon
Materi
Pembelajaran ASWAJA buat kelas XI
yaitu:
1.
Menghayati
makna paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkanya dalam kehidupan
sehari-hari
sehari-hari
a.
Materi latar
belakang terbentuknya paham Ahlussunnah Waljama’ah
b.
Materi kapan
terbentuknya firqah-firqah dalam Islam
c.
Menyebutkan
latar belakang terjadinya perang Sifin
d.
Menyebutkan
orang yang mempopulerkan istilah Ahlussunnah Waljama’ah
e.
Menyebutkan
prinsip yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah
f.
Materi
prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah
g.
Menyebutkan
ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang akidah
h.
Menyebutkan
metode moderat yang digunakan dalam Ahlussunnah Waljama’ah
i.
Menyebutkan
sumber hukum Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh
j.
Menyebutkan
cara Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah
k.
Materi proses
Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan suatu hukum
l.
Menyebutkan
dasar Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan nilai suatu sikap atau perbedaan
m.
Menyebutkan
prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami masalah-masalah
kemasyarakatan
n.
Menyebutkan
paham yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh/syari’ah
o.
Materi
pengertian tashauf di kalangan Ahlussunnah Waljama’ah
p.
Materi ajaran
Ahlussunnah Waljama’ah di bidang tashauf
q.
Menyebutkan
maqam-maqam pada bidang tashauf menurut Ahlussunnah Waljama’ah
2. Mendeskripsikan
pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari
a.
Materi cara
penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal-jama’ah kepada generasi penerus
b.
Menyebutkan
urutan-urutan generasi yang menerima ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.
Materi
tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
d.
Menyebutkan
ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan ajaran Islam berhaluan
Ahlussunnah Waljama’ah
e.
Materi peranan
ulama dalam pewarisan ajaran Islam kepada generasi penerus
f.
Menyebutkan
strategi NU melestarikan paham Ahlus-sunnah Waljama’ah
g.
Menyebutkan
wadah yang didirikan NU dalam memper-kenalkan dan melestarikan paham
Ahlussunnah Waljama’ah
3.
Mendeskripsikan
firqah-firqah yang berkembang dalam islam
a.
Menyebutkan
latar belakang timbulnya perbedaan pen-dapat dikalangan umat Islam
b.
Materi
sebab-sebab dan proses timbulnya firqah-firqah dalam Islam
c.
Materi
pengertian Firqah
d.
Menyebutkan
Firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
e.
Menyebutkan
pengertian firqah yang berpengaruh
f.
Menyebutkan
pandangan firqah-firqah yang berkembang
g.
Menyebutkan
pengertian “ahlu l-‘adl-I wa t-tawhid”yang
berkembang pada kaum Ma’tazilah
h.
Menyebutkan
metode berfikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
i.
Menyebutkan
beberapa perbedaan mendasar antara Asy’ariyah dan Maturidiyah
4.
Mengidentifikasi
posisi dan hubangan Ahlussunnah Waljama’ah diantara firqah-firqah yang ada
a.
Materi
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah status mukmin dan
kafir
b.
Materi
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kebaikan dan keburukan
c.
Materi
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah ikhtiar manusia
d.
Materi
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kekuasaan Allah SWT
e.
Materi
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah sifat Allah SWT
5.
Materi
ketentuan-ketentuan bagi seorang mujtahid
a.
Menyebutkan
syarat-syarat menjadi mujtahid
b.
Menyebutkan
tingkatan mujtahid
c.
Menyebutkan
pandangan ulama Ahlussunnah Waljama’ah tentang kriteria mujtahid
6.
Materi
ijtihad dan taklid, batasan-batsan dan sumber hukumnya
a.
Menyebutkan
pengertian ijtihad
b.
Menyebutkan
pengertian ijtihad menurut para sahabat
c.
Menyebutkan
pengertian ijtihad dalam istilah fiqh
d.
Menyebutkan
pengertian ijtihad dalam istilah ushul fiqh
e.
Menyebutkan
dasar hukum ijtihad
f.
Menyebutkan
beberapa dasar yang dipakai sebagai pembenaran ijtihad
g.
Menyebutkan
batsan ijtihad
h.
Menyebutkan
ruang lingkup ijtihad
i.
Menyebutkan
dalil yang Materi tentang sumber hukum Islam
j.
Menyebutkan
cara ijtihad dalam masalah yang tidak di sebutkan secara harfiyah dalam
Al-Qur’an dan As-Sunnah
7.
Mendeskripsikan
taklid, ittiba’, tarjih dan talfiq
a.
Menyebutkan
pengertian taklid secara bahasa dan istilah
b.
Menyebutkan
hukum taklid menurut ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.
Menyebutkan
pengertian ittiba’, tarjih dan talfiq, baik secara bahasa maupun istilah
d.
Menyebutkan
pandangan ulama ushul fiqh dan fiqh tentang talfiq
8.
Mengenalisis
madzhab-madzhab yang ada dalam Islam dan dasar pemikiran NU tentang kehidupan
bermadzhab
a.
Menyebutkan
macam-macam madzhab
b.
Menyebutkan
imam-imam madzhab
c.
Materi
pengertian madzhab dan bermadzhab
d.
Materi hakekat
bermadzhab
e.
Materi alasan
yang menjadi dasar dalam bermadzhab
f.
Menyebutkan 2
(dua) macam cara bermadzhab
g.
Menyebutkan
bentuk penerapan bermadzhab
h.
Menyebutkan
manfaat mengikuti madzhab
i.
Menyebutkan
pandangan beberapa kelompok ulama tentang madzhab
j.
Materi
pandangan NU tentang bermadzhab
k.
Menyebutkan
prinsip-prinsip NU dalam bermadzhab
9.
Materi
cara-cara penganbilan keputusan hukum di lingkungan NU
a.
Menyebutkan
pengertian bahtsul masail
b.
Menyebutkan
fungsi bahtsul masail
c.
Materi
pengertian bermadzhab secara qauli
d.
Materi
pengertian bermadzhab secara manhaji
e.
Materi cara
penerapan madzhab manhaji
f.
Materi
pengertian istinbat jama’iy
g.
Menyebutkan
tata cara pengambilan keputusan hukum dalam kerangka bermadzhab
h.
Menyebutkan
hasil keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Kongres NU di Bandar Lampung
Materi
Pembelajaran ASWAJA buat kelas XI
yaitu:
1. Mengetahui dan
memahami nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikannya dalam kehidupan
a.
Materi
pandangan NU tentang Islam
b.
Materi
keyakinan NU tentang Islam
c.
Menyebutkan
Faham yang diyakini NU dan membedakan dengan paham yang lain
d.
Menyebutkan 2
(dua) aspek madzhab
e.
Materi landasan
berfikir, bersikap dan berprilaku kaum nahdliyin
f.
Menyebutkan
sikap kemasyarakatan NU yang membeda-kan dengan organisasi lain
g.
Materi
pengertian tawassuth, I’tidal, tasamuh dan tawadzun
h.
Pengertian amar ma’ruf nahi munkar
i.
Menyebutkan
pandangan NU tentang kebangsaan
j.
Materi pandangn
NU tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
k.
Menyebutkan
prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara menurut NU
l.
Materi
pandangan NU tentang NKRI
m.
Materi
pandangan NU tentang pluralitas bangsa
n.
Menyebutkan
pedoman-pedoman NU dalam mengeluarkan hak politiknya
o.
Materi
pandangan NU tentang hukum
p.
Memberikan
komentar pandangan NU terhadap pendidikan
q.
Menganalisis
pandangan NU tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
r.
Materi
pandangan NU tentang pemberdayaan ekonomi
s.
Menyebutkan usaha-usaha
yang dilakukan NU dalam mem-bangun ekonomi yang lebih adil dan merata dan bisa
mencontohnya
2.
Menerapkan
perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari
a.
Menyebutkan
ciri prilaku keagamaan NU
b.
Menyebutkan
ciri prilaku keagamaan NU di bidang akidah
c.
Menyebutkan
ciri prilaku keagamaan NU di bidang fiqh/syari’ah
d.
Menyebutkan
ciri prilaku NU di bidang akhlak/tasyawuf
e.
Menyebutkan
ciri prilaku kemasyarakatan NU
f.
Menyebutkan
pengertian butir-butir prilaku kemasyarakatan NU
g.
Materi
prinsip-prinsip NU tentang kehidupan ekonomi
h.
Materi
pengertian al-adalah, at-ta’awun, al-istiqomah
i.
Menyebutkan
ciri prilaku NU di bidang politik
j.
Menyebutkan
ciri prilaku NU di bidang budaya
k.
Menyebutkan
prilaku sebagai warga NU
3.
Menerapkan
ukhuwah Nahdliyah
a.
Materi pengertian
ukhuwah nahdliyah
b.
Materi
penjabaran ukhuwah di bidang sosial
c.
Materi
pengertian ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathaniyah
d.
Menyebutkan
kendala dan hambatan yang sering muncul dalam pengembangan wawasan ukhuwah
e.
Menyebutkan
pandangan NU dalam melestarikan ukhuwah
4.
Mendeskripsikan
pola kepemimpinan NU sebagai pedoman berorganisasi
a.
Materi hubungan
NU dengan ulama-ulama Pon-Pes
b.
Menyebutkan
fungsi pondok pesantren bagi NU
c.
Materi
kedudukan ulama dalam NU
d.
Materi latar
belakang berdirinya NU
e.
Menyebutkan
peran dan fungsi ulama menurut NU
5.
Menganalisis
kedudukan khittah nahliyah dan mampu sosialisasikannya dalam kehidupan
sehari-hari
a.
Materi
pengertian dan subtansi Khittah Nahdliyyah
b.
Materi latar
belakang Khittah Nahdliyyah
c.
Materi tujuan
Khittah Nahdliyyah
d.
Menyebutkan
butir-butir khittah Nahdliyyah yang dihasilkan pada Muktamar NU XXVII tahun
1984
e.
Materi strategi
NU dalam mensosialisasikan Khittah Nahdliyyah
f.
Menyebutkan
rumusan-rumusan ikhtiar NU tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
g.
Menyebutkan
pandangan NU tentang persatuan dan kesatuan
6.
Menganalisis
peran dan fungsi pondok pesantren dan ulama dalam pengembangan syariat Islam
dan memedomaninya
a.
Menyebutkan
pendiri pondok pesantren yang pertama
b.
Menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang dilakukan di pondok pesantren pada masa-masa awal berdirinya
c.
Menyebutkan 2
(dua) macam santri yang belajar di ponpes
d.
Menyebutkan
tujuan utama didirikannya ponpes
e.
Menyebutkan
elemen-elemen yang harus dimiliki setiap ponpes
f.
Materi tradisi
ponpes
g.
Menyebutkan
bentuk pengajaran di lingkungan ponpes
h.
Menyebutkan
kurukulum yang digunakan di ponpes
i.
Menyebutkan
pendekatan yang digunakan ponpes
j.
Materi
pengertian ponpes
k.
Menyebutkan
fungsi ponpes
l.
Materi
perkembangan ponpes
m.
Menyebutkan
model/tipe ponpes yang ada sekarang
n.
Menyebutkan
cirri-ciri khusus ponpes
7.
Mendeskripsikan
perjuangan NU setelah kembali ke khittah 1926 dan visi, misi dan orientasi NU
dalam memperjuangkan Islam di Indonesia
a.
Materi visi
perjuangan NU
b.
Menyebutkan
proses kembalinya NU ke khittah
c.
Materi misi NU
dalam memperjuangkan Islam
d.
Materi visi NU
dibidang politik dan sosial kemasya-rakatan
e.
Menyebutkan
keputusan Muktamar NU XXVII di situbondo
f.
Materi
pandangan NU tentang perjuangan dalam menegakan Islam
g.
Menyebutkan
pengertian kaidah ushuliyah
h.
Menyebutkan 5
(lima) kaidah pokok ushuliyah
i.
Menyebutkan
pengertian kaidah fiqhiyah
j.
Menyebutkan
beberapa contoh kaidah fiqhiyah
k.
Menyebutkan
pengertian kaidah mukhtalafah
l.
Menyebutkan
beberapa contoh kaidah mukhtalafah
m.
Menyebutkan
hubungan antara dalil nash dengan kaidah fiqhiyah
8.
Menerapkan
tradisi dzikir dan do’a yang terpelihara di lingkungan NU
a.
Materi
pengertian dzikir dan do’a
b.
Hafal dan
menulis ayat dan hadist tentang dzikir dan do’a
c.
Materi tat cara
bardo’a
d.
Menyebutkan
waktu yang baik untuk berdzikir dan berdo’a
e.
Materi
pengertian istighatsah
f.
Terbiasa
melakukan dzikir dan do’a
g.
Menyebutkan
pengertian pujian
h.
Menyebutkan
bacaan pujian
i.
Menyebutkan
keutamaan shalawat kepada Nabi
j.
Menyebutkan
waktu yang utama untuk bershalawat
k.
Menyebutkan
tata cara dan macam-macam shalawat
l.
Menyebutkan
contoh shalawat yang pendek dan sedang
m.
Membaca dengan
benar shalawat pendek dan sedang
n.
Mengartikan
bacaan shalawat
o.
Materi tujuan
membaca shalawat
p.
Terbiasa
mengamalkan puji-pujian
q.
Materi
pengertian diba’an
r.
Materi tujuan
diba’an
s.
Menyebutkan
tata cara dan adab diba’an
t.
Materi tradisi
diba’an warga NU
u.
Terbiasa
melakukan diba’an
9.
Mengamalkan
amaliyah ibadah yang dianut NU
a.
Materi pengertian
niat
b.
Materi
pentingnya niat
c.
Materi
pengertian qunut
d.
Menyebutkan
macam-macam qunut
e.
Mempraktekan
qunut
f.
Materi
pengertian shalat tarawih
g.
Menyebutkan
tata cara shalat tarawih dan witir
h.
Mempraktekan
shalat tarawih dan witir
i.
Menyebutkan
pengertian talqin
j.
Menyebutkan
tata cara talqin
k.
Mempraktekan
talqin
l.
Materi hukum
talqin menurut Ahlussunnah Waljama’ah
m.
Materi dasar
hukum talqin menurut ulama Ahlussunnah Waljama’ah
n.
Materi hukum
ziarah kubur menurut kesepakatan ulama
o.
Materi tujuan
ziarah kubur
p.
Materi adab
ziarah kubur
q.
Materi
pengertian tahlil dan dapat membacanya dengan benar
r.
Istiqamah dalam
menerapkan amaliah nahdliyah
biasa
BalasHapuskurang lengkap
BalasHapusKurang lengkap.kok cuma kisi"nya
BalasHapusmaterinya mana?
BalasHapusNggak lengkap ngga ada materinya
BalasHapusWynn Las Vegas - MapYRO
BalasHapusHotel Overview. 3131 S 충청남도 출장마사지 Las Vegas Blvd. 89109. 경상북도 출장마사지 Phone: 김해 출장샵 (702) 경산 출장샵 770-7111. 동두천 출장안마 Website: http://www.wynnlasvegas.com/nevada.