Kamis, 20 Februari 2014

Materi Pembelajaran ASWAJA MA Ma'arif

مأاف
لعبد الرشيد ابنم الدين القرتى
رحمه الله تعالى وبركاته أمين




Materi Pembelajaran ASWAJA MA Ma'arif  dan pembahasan Materi SMA/SMK/MA-X/XI/XII Semester 1 dan 2  adalah merupakan cakupan Materi Pembelajaran tentang kema’arif-an, Ahli Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA) Persi NU yang dalam kesempatan ini saya lebih mengutamakan untuk membantu kalangan remaja yang sedang mengenyam pendidikan di Madrasah Aliyah mulai dari Kelas X, XI sampai dengan Kelas XII, dimana nanti temen-temen  akan mengetahui sedikit Gambaran materi-materi yang pada umumnya di pelajari  di setiap pertemuan, setidaknya materi apa yang akan di pelajari besok pagi Sobat sudah mengetahui gambarannya, sehingga diharapkan muncul rasa Percaya Diri (PD ) ketika Masuk kelas.

Sobat jika sebelumnya membuka blog ini terlebih dahulu,  diharapkan sobat berangkat ke Sekolah itu tujuannya bukan hanya untuk belajar saja, akan tetapi untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah di baca/dipelajari sebelumnya, terlebih lagi jika kedapatan dari hasil bacaan yang belum dapat di pahami justru Guru pembimbinglah yang akan lebih banyak membantu guna mengarahkan Pola Pikir sobat Aswaja.
Jikapun sobat bukan seorang pelajar dan atau yang lainnya, diharapkan artikel ini bisa menambah Khazanah keilmuan Sobat.
Ok. Sobat menurut K.H. Syaifuddin Zuhri pengertian Aswaja adalah segolongan pengikut sunah Nabi Muhammad SAW yang didalam melaksanakan ajaran-ajaran beliau berjalan diatas garis yang dipraktekkan oleh Nabi dan para  Sahabat.
Adapun penggunaan istilah Aswaja didalam riwayat Ibnu Majah dari Mu’awiyyah R.A. dari Rasulullah SAW bersabda :

افترقت اليهودعلى احدى وسبعين فرقة وافترقت النصا رى على اثنتين وسبعين فرقة وان هذه الأمة سـتفـترق على ثلا ث وسبعـين فرقة اثنان وسبعون في النار وواحدة  في الجنة  قا لوا  يا رسول الله ما هذه الواحدة  قال ما انا  عـليه  ا ليوم وا صحا بي  

Artinya :    “    Telah pecah ummat Yahudi menjadi 71 golongan, dan telah pecah ummat Nasroni 72 golongan, dan ummatku akan pecah menjadi 73 golongan yang 72 golongan masuk neraka dan hanya 1 (satu) yang masuk surga (yang selamat hanya satu) lalu para sahabat bertanya : siapakah yang selamat itu … ? Nabi menjawab  : apa yang hari ini aku kerjakan dan para sahabatku.”
Didalam hadis lain dalam kitab Al-Milal wan Nihal karangan Syaikh Ahmad Abdul Karim juz 1 hal 13 Nabi Bersabda :

سـتفترق امتي على ثلاث وسـبعين فرقة النا جية منها واحدة والباقون هـلكى قيل ومن النا جية؟ قال اهل السنة والجماعة قيل ومن اهل السنة والجماعة؟ قال ما انا عـليه ا ليوم  وا صحا بي (رواه ابن ما جه(

Artinya :     “    Umatku akan pecah menjadi   73 golongan yang selamat hanya satu firqoh sedang yang lainnya binasa. Nabi ditanya : Siapakah yang selamat itu … ? Nabi menjawab : Ahlussunah Wal Jama’ah, Nabi ditanya lagi : Siapakah Ahlussunah Wal Jama’ah itu … ? Nabi menjawab : Apa yang aku dan sahabatku pegang “. (HR. Ibnu Majah)


Ok. Sobat sebenarnya cukup banyak namun tidak kalah menarik dan menyenangkan materinya, apalagi kalo pembimbingnya periang, adapun materi yang pada umumnya di pelajari yakni: 
Materi Pembelajaran ASWAJA buat kelas X yaitu:
     1.      Mendeskripsikan proses masuknya Islam ke Indonesia dan perkembangannya
a.       Materi sejarah masuknya Islam di Indonesia
b.      Menyebutkan daerah yang pertama kali kedatangan Islam
c.       Menyebutkan tahun masuknya islam ke Indonesia
d.      Menyebutkan cara-cara yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia
e.       Menyebutkan tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia
f.       Menyebutkan Negara asal pembawa Islam di Indonesia
g.      Menyebutkan gelar yang diberikan kepada penyebar Islam di Indonesia
h.      Menyebutkan kerajaan Islam yang pertama di Indonesia
i.        Menyebutkan ajaran/paham ke-Islaman yang berkembang di Indonesia dan madzhab yang dianut oleh paham tersebut

     2.      Menganalisis stategi dan media yang digunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia
a.       Materi strategi penyebaran Islam di Indonesia
b.      Menyebutkan media yang digunakan dalam penyebaran Islam
c.       Menyebutkan bentuk perekonomian masyarakat pada masa penyebaran Islam
d.      Menyebutkan aspek kebudayaan local yang dimanfaatkan dalam penyebaran Islam
e.       Menyebutkan pendekatan politik yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia

     3.      Memahami peran dan fungsi pondok pesantren dalam upaya penyebaran Islam di Indonesia
a.       Materi latar belakang berdirinya pondok pesantren
b.      Menyebutkan kapan berdirinta pondok pesantren
c.       Materi strategi, fungsi dan peran pondok pesantren dalam penyebaran Islam
d.      Menyebutkan model kajian yang dilakukan dilingkungan pondok pesantren
e.       Menyebutkan bentuk pendidikan yang dikembangkan pada awal berdirinya pondok pesantren
f.       Materi perbedaan pondok pesantern dengan lembaga pendidikan lainya
g.      Menyebutkan hal-hal yang menjiwai pondok pesantren

     4.      Menganalisis proses kelahiran Nahdlatul Ulama
a.       Materi pola kehidupan beragama dan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia sebelum lahirnya NU
b.      Materi latar belakang lahirnya NU
c.       Menyebutkan tahun berdirinya NU
d.      Materi dasar pemikiran lahirnya NU
e.       Menyebutkan tokoh-tokoh pendiri NU
f.       Materi perjuangan politik kebangsaan NU, bentuk pemberdayaan ekonomi NU dan strategi peningkatan sumber daya manusia yang dikembangkan oleh para ulama
g.      Menyebutkan tujuan pembentukan syirkah-syirkah di lingkungan NU
h.      Menyebutkan kapan lahirnya KH. Hasyim Asy’ari
i.        Menyebutkan pola pemikiran KH. Hasyim Asy’ari untuk NU
j.        Menyebutkan karya-karya KH. Hasyim Asy’ari

     5.      Memahami organisasi (jam’iyyah) NU
a.       Menyebutkan prinsip-prinsip keagamaan dan kemasyarakatan NU
b.      Materi secara sederhana Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU
c.       Menyebutkan tahun diakuinya keberadaan NU sebagai organisasi yang berbadan hukum
d.      Menyebutkan poin-poin pokok Anggaran Dasar NU
e.       Menyebutkan pembagian tugas dalam keorganisasian NU
f.       Menyebutkan sistem dan fungsi kepengurusan NU
g.      Menyebutkan sistem dan perangkat organisasi NU
h.      Menyebutkan jenis-jenis pemusyawaratan dan cara pemusyawaratan NU

     6.      Mendeskripsikan peran, posisi dan perjuangan NU dalam dinamika sejarah bangsa
a.       Materi aktivitas NU pada awal terbentuknya organisasi tersebut
b.      Menyebutkan pembinaan yang dilakukan NU pada masa penjajahan Belanda
c.       Materi gerakan dan program prioritas NU pada masa pendudukan Jepang
d.      Materi posisi NU pada masa pendudukan Jepang
e.       Materi ide-ide ulama NU dalam membentuk dasar Negara
f.       Materi pola pemikiran NU dalam menentukan bentuk Negara kesatuan
g.      Menyebutkan konsep NU tentang pergantian isi butir piagam Jakarta
h.      Menyebutkan sumbangan NU dalam proses berdirinya Negara Indinesia
i.        Menyebutkan isi revolusi jihad
j.        Materi peran NU dalam bidang politik dan pemerintahan
k.      Materi bentuk-bentuk perjuangan NU dalam bidang pemikiran keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya
l.        Materi peran dan sumbangan NU dalam memper-juangkan pendidikan di Indonesia
m.    Materi peran NU pada masa reformasi
n.      Materi proses terbentuknya partai politik dilingkungan NU
o.      Menyebutkan tujuan dibentuknya partai politik di ling-kungan NU dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
p.      Materi dan menyebutkan isi Tausiyah yang dikeluar-kan oleh PBNU di Cilegon

Materi Pembelajaran ASWAJA buat kelas XI yaitu:
       1. Menghayati makna paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkanya dalam kehidupan 
                  sehari-hari
a.       Materi latar belakang terbentuknya paham Ahlussunnah Waljama’ah
b.      Materi kapan terbentuknya firqah-firqah dalam Islam
c.       Menyebutkan latar belakang terjadinya perang Sifin
d.      Menyebutkan orang yang mempopulerkan istilah Ahlussunnah Waljama’ah
e.       Menyebutkan prinsip yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah
f.       Materi prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah
g.      Menyebutkan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang akidah
h.      Menyebutkan metode moderat yang digunakan dalam Ahlussunnah Waljama’ah
i.        Menyebutkan sumber hukum Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh
j.        Menyebutkan cara Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah
k.      Materi proses Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan suatu hukum
l.        Menyebutkan dasar Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan nilai suatu sikap atau perbedaan
m.    Menyebutkan prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami masalah-masalah kemasyarakatan
n.      Menyebutkan paham yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh/syari’ah
o.      Materi pengertian tashauf di kalangan Ahlussunnah Waljama’ah
p.      Materi ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang tashauf
q.      Menyebutkan maqam-maqam pada bidang tashauf menurut Ahlussunnah Waljama’ah

     2. Mendeskripsikan pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Materi cara penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal-jama’ah kepada generasi penerus
b.      Menyebutkan urutan-urutan generasi yang menerima ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.       Materi tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
d.      Menyebutkan ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan ajaran Islam berhaluan Ahlussunnah Waljama’ah
e.       Materi peranan ulama dalam pewarisan ajaran Islam kepada generasi penerus
f.       Menyebutkan strategi NU melestarikan paham Ahlus-sunnah Waljama’ah
g.      Menyebutkan wadah yang didirikan NU dalam memper-kenalkan dan melestarikan paham Ahlussunnah Waljama’ah

     3.      Mendeskripsikan firqah-firqah yang berkembang dalam islam
a.       Menyebutkan latar belakang timbulnya perbedaan pen-dapat dikalangan umat Islam
b.      Materi sebab-sebab dan proses timbulnya firqah-firqah dalam Islam
c.       Materi pengertian Firqah
d.      Menyebutkan Firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
e.       Menyebutkan pengertian firqah yang berpengaruh
f.       Menyebutkan pandangan firqah-firqah yang berkembang
g.      Menyebutkan pengertian “ahlu l-‘adl-I wa t-tawhid”yang berkembang pada kaum Ma’tazilah
h.      Menyebutkan metode berfikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
i.        Menyebutkan beberapa perbedaan mendasar antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

     4.      Mengidentifikasi posisi dan hubangan Ahlussunnah Waljama’ah diantara firqah-firqah yang ada
a.       Materi perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah status mukmin dan kafir
b.      Materi perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kebaikan dan keburukan
c.       Materi perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah ikhtiar manusia
d.      Materi perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kekuasaan Allah SWT
e.       Materi perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah sifat Allah SWT

     5.      Materi ketentuan-ketentuan bagi seorang mujtahid
a.       Menyebutkan syarat-syarat menjadi mujtahid
b.      Menyebutkan tingkatan mujtahid
c.       Menyebutkan pandangan ulama Ahlussunnah Waljama’ah tentang kriteria mujtahid

     6.      Materi ijtihad dan taklid, batasan-batsan dan sumber hukumnya
a.       Menyebutkan pengertian ijtihad
b.      Menyebutkan pengertian ijtihad menurut para sahabat
c.       Menyebutkan pengertian ijtihad dalam istilah fiqh
d.      Menyebutkan pengertian ijtihad dalam istilah ushul fiqh
e.       Menyebutkan dasar hukum ijtihad
f.       Menyebutkan beberapa dasar yang dipakai sebagai pembenaran ijtihad
g.      Menyebutkan batsan ijtihad
h.      Menyebutkan ruang lingkup ijtihad
i.        Menyebutkan dalil yang Materi tentang sumber hukum Islam
j.        Menyebutkan cara ijtihad dalam masalah yang tidak di sebutkan secara harfiyah dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah

     7.      Mendeskripsikan taklid, ittiba’, tarjih dan talfiq
a.       Menyebutkan pengertian taklid secara bahasa dan istilah
b.      Menyebutkan hukum taklid menurut ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.       Menyebutkan pengertian ittiba’, tarjih dan talfiq, baik secara bahasa maupun istilah
d.      Menyebutkan pandangan ulama ushul fiqh dan fiqh tentang talfiq

     8.   Mengenalisis madzhab-madzhab yang ada dalam Islam dan dasar pemikiran NU tentang kehidupan bermadzhab
a.       Menyebutkan macam-macam madzhab
b.      Menyebutkan imam-imam madzhab
c.       Materi pengertian madzhab dan bermadzhab
d.      Materi hakekat bermadzhab
e.       Materi alasan yang menjadi dasar dalam bermadzhab
f.       Menyebutkan 2 (dua) macam cara bermadzhab
g.      Menyebutkan bentuk penerapan bermadzhab
h.      Menyebutkan manfaat mengikuti madzhab
i.        Menyebutkan pandangan beberapa kelompok ulama tentang madzhab
j.        Materi pandangan NU tentang bermadzhab
k.      Menyebutkan prinsip-prinsip NU dalam bermadzhab

      9.      Materi cara-cara penganbilan keputusan hukum di lingkungan NU
a.       Menyebutkan pengertian bahtsul masail
b.      Menyebutkan fungsi bahtsul masail
c.       Materi pengertian bermadzhab secara qauli
d.      Materi pengertian bermadzhab secara manhaji
e.       Materi cara penerapan madzhab manhaji
f.       Materi pengertian istinbat jama’iy
g.      Menyebutkan tata cara pengambilan keputusan hukum dalam kerangka bermadzhab
h.      Menyebutkan hasil keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Kongres NU di Bandar Lampung

Materi Pembelajaran ASWAJA buat kelas XI yaitu:
1. Mengetahui dan memahami nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikannya dalam kehidupan
a.       Materi pandangan NU tentang Islam
b.      Materi keyakinan NU tentang Islam
c.       Menyebutkan Faham yang diyakini NU dan membedakan dengan paham yang lain
d.      Menyebutkan 2 (dua) aspek madzhab
e.       Materi landasan berfikir, bersikap dan berprilaku kaum nahdliyin
f.       Menyebutkan sikap kemasyarakatan NU yang membeda-kan dengan organisasi lain
g.      Materi pengertian tawassuth, I’tidal, tasamuh dan tawadzun
h.      Pengertian amar ma’ruf nahi munkar
i.        Menyebutkan pandangan NU tentang kebangsaan
j.        Materi pandangn NU tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
k.      Menyebutkan prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara menurut NU
l.        Materi pandangan NU tentang NKRI
m.    Materi pandangan NU tentang pluralitas bangsa
n.      Menyebutkan pedoman-pedoman NU dalam mengeluarkan hak politiknya
o.      Materi pandangan NU tentang hukum
p.      Memberikan komentar pandangan NU terhadap pendidikan
q.      Menganalisis pandangan NU tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
r.        Materi pandangan NU tentang pemberdayaan ekonomi
s.       Menyebutkan usaha-usaha yang dilakukan NU dalam mem-bangun ekonomi yang lebih adil dan merata dan bisa mencontohnya

2.      Menerapkan perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU
b.      Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di bidang akidah
c.       Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di bidang fiqh/syari’ah
d.      Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang akhlak/tasyawuf
e.       Menyebutkan ciri prilaku kemasyarakatan NU
f.       Menyebutkan pengertian butir-butir prilaku kemasyarakatan NU
g.      Materi prinsip-prinsip NU tentang kehidupan ekonomi
h.      Materi pengertian al-adalah, at-ta’awun, al-istiqomah
i.        Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang politik
j.        Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang budaya
k.      Menyebutkan prilaku sebagai warga NU

3.      Menerapkan ukhuwah Nahdliyah
a.       Materi pengertian ukhuwah nahdliyah
b.      Materi penjabaran ukhuwah di bidang sosial
c.       Materi pengertian ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathaniyah
d.      Menyebutkan kendala dan hambatan yang sering muncul dalam pengembangan wawasan ukhuwah
e.       Menyebutkan pandangan NU dalam melestarikan ukhuwah

4.      Mendeskripsikan pola kepemimpinan NU sebagai pedoman berorganisasi
a.       Materi hubungan NU dengan ulama-ulama Pon-Pes
b.      Menyebutkan fungsi pondok pesantren bagi NU
c.       Materi kedudukan ulama dalam NU
d.      Materi latar belakang berdirinya NU
e.       Menyebutkan peran dan fungsi ulama menurut NU

5.      Menganalisis kedudukan khittah nahliyah dan mampu sosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Materi pengertian dan subtansi Khittah Nahdliyyah
b.      Materi latar belakang Khittah Nahdliyyah
c.       Materi tujuan Khittah Nahdliyyah
d.      Menyebutkan butir-butir khittah Nahdliyyah yang dihasilkan pada Muktamar NU XXVII tahun 1984
e.       Materi strategi NU dalam mensosialisasikan Khittah Nahdliyyah
f.       Menyebutkan rumusan-rumusan ikhtiar NU tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
g.      Menyebutkan pandangan NU tentang persatuan dan kesatuan

6.      Menganalisis peran dan fungsi pondok pesantren dan ulama dalam pengembangan syariat Islam dan memedomaninya
a.       Menyebutkan pendiri pondok pesantren yang pertama
b.      Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pondok pesantren pada masa-masa awal berdirinya
c.       Menyebutkan 2 (dua) macam santri yang belajar di ponpes
d.      Menyebutkan tujuan utama didirikannya ponpes
e.       Menyebutkan elemen-elemen yang harus dimiliki setiap ponpes
f.       Materi tradisi ponpes
g.      Menyebutkan bentuk pengajaran di lingkungan ponpes
h.      Menyebutkan kurukulum yang digunakan di ponpes
i.        Menyebutkan pendekatan yang digunakan ponpes
j.        Materi pengertian ponpes
k.      Menyebutkan fungsi ponpes
l.        Materi perkembangan ponpes
m.    Menyebutkan model/tipe ponpes yang ada sekarang
n.      Menyebutkan cirri-ciri khusus ponpes

7.      Mendeskripsikan perjuangan NU setelah kembali ke khittah 1926 dan visi, misi dan orientasi NU dalam memperjuangkan Islam di Indonesia
a.       Materi visi perjuangan NU
b.      Menyebutkan proses kembalinya NU ke khittah
c.       Materi misi NU dalam memperjuangkan Islam
d.      Materi visi NU dibidang politik dan sosial kemasya-rakatan
e.       Menyebutkan keputusan Muktamar NU XXVII di situbondo
f.       Materi pandangan NU tentang perjuangan dalam menegakan Islam
g.      Menyebutkan pengertian kaidah ushuliyah
h.      Menyebutkan 5 (lima) kaidah pokok ushuliyah
i.        Menyebutkan pengertian kaidah fiqhiyah
j.        Menyebutkan beberapa contoh kaidah fiqhiyah
k.      Menyebutkan pengertian kaidah mukhtalafah
l.        Menyebutkan beberapa contoh kaidah mukhtalafah
m.    Menyebutkan hubungan antara dalil nash dengan kaidah fiqhiyah

8.      Menerapkan tradisi dzikir dan do’a yang terpelihara di lingkungan NU
a.       Materi pengertian dzikir dan do’a
b.      Hafal dan menulis ayat dan hadist tentang dzikir dan do’a
c.       Materi tat cara bardo’a
d.      Menyebutkan waktu yang baik untuk berdzikir dan berdo’a
e.       Materi pengertian istighatsah
f.       Terbiasa melakukan dzikir dan do’a
g.      Menyebutkan pengertian pujian
h.      Menyebutkan bacaan pujian
i.        Menyebutkan keutamaan shalawat kepada Nabi
j.        Menyebutkan waktu yang utama untuk bershalawat
k.      Menyebutkan tata cara dan macam-macam shalawat
l.        Menyebutkan contoh shalawat yang pendek dan sedang
m.    Membaca dengan benar shalawat pendek dan sedang
n.      Mengartikan bacaan shalawat
o.      Materi tujuan membaca shalawat
p.      Terbiasa mengamalkan puji-pujian
q.      Materi pengertian diba’an
r.        Materi tujuan diba’an
s.       Menyebutkan tata cara dan adab diba’an
t.        Materi tradisi diba’an warga NU
u.      Terbiasa melakukan diba’an

9.      Mengamalkan amaliyah ibadah yang dianut NU
a.       Materi pengertian niat
b.      Materi pentingnya niat
c.       Materi pengertian qunut
d.      Menyebutkan macam-macam qunut
e.       Mempraktekan qunut
f.       Materi pengertian shalat tarawih
g.      Menyebutkan tata cara shalat tarawih dan witir
h.      Mempraktekan shalat tarawih dan witir
i.        Menyebutkan pengertian talqin
j.        Menyebutkan tata cara talqin
k.      Mempraktekan talqin
l.        Materi hukum talqin menurut Ahlussunnah Waljama’ah
m.    Materi dasar hukum talqin menurut ulama Ahlussunnah Waljama’ah
n.      Materi hukum ziarah kubur menurut kesepakatan ulama
o.      Materi tujuan ziarah kubur
p.      Materi adab ziarah kubur
q.      Materi pengertian tahlil dan dapat membacanya dengan benar
r.        Istiqamah dalam menerapkan amaliah nahdliyah

6 komentar: